CARA MEMAJUKAN KOPERASI DI INDONESIA

Dalam menghadapi kesulitan koperasi seperti akses permodalan, keterbatasan informasi dan pasar, minim manajerial, gagap teknologi, dll dapat diatasi dengan cara :
1.Menarik minat para Investor
Investor adalah salah satu hal yang sangat paling vital dalam membangun sebuah perekonomian bangsa, maka dengan itu saya akan mencoba Mengeluarkan kebijakan guna mendorong percepatan pemberdayaan koperasi secara terarah dan bertahap. Kebijakan tersebut meliputi aspek-aspek kelembagaan, permodalan, kemampuan teknologi, kualitas SDM, pemasaran, jaringan usaha, menciptakan iklim yang kondusif.
2.Meningkatkan Program-program Pemeritah.
Meningkatkan program-program bantuan modal bagi masyarakat Indonesia untuk dapat membantu mendorong perekonomian di Indonesia, salah satu nya dengan program SMD ( sarjana membangun desa) yaitu bagaimana kita memberikan bantuan-bantuan modal kepada sarjana-sarjana terbaik yang ada di Negara kita dengan memberikan bantuan modal untuk membuat usaha-usaha di daerahnya masing-masing baik di sektor pertanian,peternakan,
perikanan, dan usaha-usaha lain.dan program-program lainnya seperti program pembangunan lumbung pangan oleh Kementerian Pertanian, juga bantuan pengadaan penggilingan padi (RMU), bantuan alat pengering (box dryer) padi dan jagung, bantuan hand tractor, pembangkit listrik micro hydro power, pengelolaan dana PUAP (Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan).

3.Meningkatkan manajemen yang baik
Memberikan bantuan manajemen kepada koperasi primer dan KUD baik sebagai manajeriar KUD atau pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan.
4.Meningkatkan peranan koperasi
Memberikan peranan yang lebih besar pada perekonomian di Indonesia dengan Usaha kecil dam menegah UKM, dengan memberikan bantuan modal, dan membangun Perkampungan Industri Kecik dan menengah di seluruh daerah Indonesia. Selain untuk membangun perekonomian di Indonesia, cara ini juga dapat untuk menunjang sektor Pariwisata di Indonesia, karna dari sini juga kita dapat mempromosikan suatu daerah dengan ke khas’an budaya-budaya di indoseia yang beraneka-ragam dengan perkampungan-perkampungan industry kecil dan menengah.

5.Lokalisasi Produk Import
Melokalisasi produk import atau membuat produk luar di dalam negri kita, mungkin itu adalah salah satu hal yang tepat untuk membangun perekonomian di Indonesia, karna dengan begitu kita akan membuka sejumlah lapangan-lapangan pekerjaan yang baru, selain itu produk yang akan kita lokalisasi mempunyai nilai jual yang lebih murah, karna tidak adanya biaya pengiriman dan import barang. Selain itu saya juga yakin bahwa hal ini akan meningkatkan selera masyarakat, dan kebanggan masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk-produk dalam negeri.
Ada beberapa cara lain untuk memajukan Koperasi di Indonesia, seperti :
  1. Harus ada Sumber Daya Manusia yang dapat mengacu pada visi dan misi koperasi serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia dengan pemberdayaan pengusaha kecil dan menengah, kemampuan penggunaan teknologi, terutama internet dan komputer, kelancaran berbahasa asing terutama bahasa inggris serta keterampilan manajerial menjadi syarat utama bagi para pemilik dan tim manajemen koperasi.   Kelancaran berbahasa asing terutama sangat dibutuhkan pada saat bernegosiasi dengan buyers dari luar negeri. Tim manajemen sangat berperan dalam memajukan daerahnya melalui keberhasilan mengolah dan memasarkan SDA daerahnya melalui repositioning koperasi.  Pelatihan-pelatihan bagi setiap anggota koperasi pun diperlukan guna meningkatkan kwalitas dan kinerja kerja para anggota koperasi dan menambah pemahaman agar koperasi tersebut dapat terus berkembang
  2. Meningkatkan anggaran modal bagi koperasi di Indonesia guna meningkatkan Mutu dan Kualitas kegiatan perkoperasian.
  3. Sarana dan Prasarana yang menunjang diperlukan terutama dalam sistem informasi dan telekomunikasi yang memudahkan koperasi tersebut mengembangkan usahanya lebih meluas dan berkemban
  4. Targeting Sesuai dengan strategi focus yang dilakukan oleh koperasi, maka targeting koperasi adalah pemasaran terpusat (concentrated marketing), yaitu merangkul bagian pasar yang luas dari satu atau sedikit segmen pasar dari pada memperoleh bagian pasar yang luas
  5. Positioning  koperasi lebih ditekankan pada manfaat yang diperoleh masyarakat dari koperasi yang dapat diperoleh melalui koperasi yang berbasis teknologi dan kualitas SDM (brainware management) Pembahan positioning dari koperasi yang diatur secara profesional akan memakan waktu cukup lama, karena repositioning juga menyangkut persepsi di benak konsumen.  Jika selama ini, koperasi dipandang sebelah mata oleh sebagian usahawan, kini saatnya koperasi membuktikan kompetensinya melalui kesiapan dan kemampuan berusaha dalam iklim otonomi daerah, sehingga maanfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas baik di Indonesia maupun dimanca negara.
  6. Segmentasi  utama dari repositioning koperasi adalah industri balk di Indonesia maupun dimanca negara. Konsumen jenis ini disebut Industrial customers, yaitu konsumen institusi yang membeli untuk menghasikan sesuatu. Konsumen ritel tetap dilayani, terutama untuk produk konsumsi, yaitu barang kebutuhan sehari-hari.
  7. Product yang ditawarkan oleh suatu koperasi haruslah produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lain, dengan demikian konsumen pun akan merasa terpuaskan akan product yang ditawarkan oleh koperasi tersebut.

Komentar